Langsung ke konten utama

Lima Gedung Dengan Gaya Arsitektur Paling Unik di Dunia

Gedung adalah salah satu maha karya yang telah menjadi produk modern saat ini. Banyak gedung yang telah dibangun oleh manusia, semua nya digunakan untuk menunjang berbagai aktivitas mulai dari tempat bekerja, tempat berbelanja, hingga menjadi tempat tinggal banyak orang. Kebanyakan gedung-gedung ini dibangun di kota-kota besar dengan roda perekonomian nya yang meyakinkan.

Untuk menambah keistimewaan serta menarik banyak orang banyak gedung di desain semenarik mungkin. Banyak para arsitek yang diterjunkan untuk membuat desain gedung yang unik dan menarik. Seperti yang dilakukan pada gedung-gedung dibawah ini, dengan gaya artisitektur tak biasa gedung-gedung ini dinobatkan sebagai gedung paling unik di dunia.

Dengan segala keunikan nya, tentu gedung ini telah memberikan banyak devisa bagi kota dimana gedung ini berada. Karenanya banyak orang dari seluruh penjuru dunia berbondong-bondong datang ke kota tersebut hanya untuk melihat keindahan gedung tersebut. Berikut adalah lima gedung dengan gaya arsitektur paling unik di dunia mulai dari gedung yang tampak menari, hingga gedung yang berbentuk kubik yang berbeda dari gedung lainnya.

Gedung Kubuswoningen, Belanda

Lima Gedung Dengan Gaya Arsitektur Paling Unik di Dunia

Deretan rumah berbentuk kubus ini didirikan di daerah Helmond, kota Rotterdam. Perancangnya, Piet Bloem, punya ide untuk membuat bangunan yang terbentuk dari kubus-kubus yang disusun dalam berbagai sudut di atas balok segienam sehingga menyerupai pohon kubus. Total ada 38 kubus yang terhubung satu sama lain. 

Gedung itu menempati area seluas 100 meter persegi. Dinding dan jendelanya disusun tepat 54,7 derajat. Gedung itu memang tidak terlalu fungsional. Sekitar seperempatnya tidak bisa ditempati karena dindingnya yang terlalu miring. Tetapi sejak tahun 2009 salah satu rumah kubus yang paling besar diambil alih oleh Stayokay dan dijadikan penginapan untuk umum.

Gedung Habitat 67, Montreal, Kanada

Lima Gedung Dengan Gaya Arsitektur Paling Unik di Dunia

Kalau gedung yang satu ini merupakan rancangan arsitek keturunan Israel-Kanada, Moshe Safdie. Tadinya merupakan proyek yang disiapkan oleh sang arsitek sebagai tugas akhir untuk mendapat gelar master di McGill University. Karena idenya unik dan fungsional, rancangannya kemudian direalisasikan sebagai paviliun di Expo 67.

Arsitektur Habitat 67 tampak lain dari yang lain karena dari jauh seperti tumpukan kubus yang sering dimainkan anak-anak. Tetapi bangunan kompleks paviliun ini ternyata sangat stabil dan cukup nyaman untuk dijadikan hunian. Sekarang gedung tersebut dikenal sebagai salah satu landmark Kanada.

Gedung Waldspirale, Jerman

Lima Gedung Dengan Gaya Arsitektur Paling Unik di Dunia

Sama seperti Habitat 67, gedung ini juga merupakan bagian dari kompleks hunian di Darmstadt, Jerman.Bangunan absurd ini didesain oleh seniman Friedensreich Hundertwasser. Kemudian idenya disempurnakan dan direalisasikan oleh arsitek Heinz M. Springmann. 

Jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, Waldspirale kurang lebih berarti hutan spiral. Dinamai demikian karena jika dilihat dari jauh bangunan tersebut memang tampak seperti spiral dengan atap berwarna hijau menyerupai daun. Gedung ini memang dibangun tanpa sudut dan garis lurus. Semuanya serba asimetris. Bahkan 1.000 jendelanya tidak ada yang memiliki bentuk sama.

Gedung Krzywy Domek, Polandia

Lima Gedung Dengan Gaya Arsitektur Paling Unik di Dunia

Krzywy Domek berarti rumah miring. Gedung yang terletak di daerah Sopot ini luasnya mencapai 4.000 meter persegi. Sebenarnya gedung yang tampak seperti foto bangunan meleleh ini merupakan bagian dari pusat perbelanjaan Rezydent. Strukturnya yang aneh namun mengagumkan dirancang oleh Jan Marcin Szancer dan Per Dahlberg. Kedua arsitek tersebut menciptakan mendapatkan inspirasi rancangan Krzywy Domek dari gambar ilustrasi sebuah dongeng. Coba perhatikan tampak luarnya yang seperti gambar terdistorsi. Benar-benar kreatif, bukan?

Gedung La Pedrera, Spanyol

Lima Gedung Dengan Gaya Arsitektur Paling Unik di Dunia

La Pedrera sesungguhnya bernama Casa Mila, Terletak di Barcelona, Spanyol, rumah ini tadinya dibangun oleh arsitek asal Catalania, Antoni Gaud untuk pasangan konglomerat, Roser Segimon dan Pere Mil. Waktu pembangunannya mencapai enam tahun, mulai dari tahun 1906 sampai dengan 1912. Arsitektur La Pedrera memang tidak biasa. Jika Anda berkunjung ke sana, Anda tidak akan menemui satu garis lurus pun dalam strukturnya. Semuanya serba asimetris. 

Sejak dimiliki oleh pasangan Mila, La Pedrera sudah berpindah tangan berkali-kali. Dan pada tahun 1984, UNESCO memasukkannya dalam daftar Warisan Dunia. Sekarang gedung ini dibuka untuk umum. Pengunjung bisa menjelajahi bagian dalam gedung dan menikmati pemandangan kota dari atapnya.

Nah, itulah setidaknya lima gedung dengan gaya arsitektur paling unik di dunia. Dengan segala keunikannya dan sejarah panjang dalam pembuatan nya tak salah jika gedung-gedung tersebut dinobatkan sebagai warisan dunia yang harus kita jaga kelestariannya.

Postingan populer dari blog ini

Bahan Alami Untuk Merawat Wajah Pria

Jaman dahulu, tidak pernah ada pendapat bahwa pria awam melakukan perawatan keindahan tubuh. Semua perawatan kulit maupun rambut dianggap merupakan hal yang feminim sehingga tak sesuai dengan hakikat pria.  Seiring berjalannya waktu, paradigma tersebut pun mulai tergerus. Seorang pria tidak hanya terbatas bekerja sebagai insinyur atau dokter saja, tetapi juga bisa berkarya di dunia glamor seperti fesyen dan kecantikan. Meskipun tidak nyemplung ke dalam bidang tersebut secara langsung, sudah sewajarnya pria memerhatikan penampilan demi mendapatkan kesan yang baik bagi dirinya ataupun lawan jenis. Alasannya, karena tidak semua pria dianugerahi dengan kulit yang cerah dan sehat. Pria juga seharusnya membiasakan diri melakukan rutinitas untuk menjaga keindahan tubuh. Hal itu bisa dilakukan dengan cara melakukan perawatan wajah seperti menggunakan masker atau bahan alami yang manfaatnya sangat besar. dilansir dari laman Boldsky, berikut ini adalah bahan alami bagi pria yang ingin tampil ber

Deretan Selebritis Top Indonesia Dengan Mobil Mewahnya

AnakRegular | Mobil mewah dan kehidupan Galmor adalah ciri dari seorang selebritis. Sebagai seorang selebritis yang hidup dalam ketenaran dan kemapanan semua yang diinginkan bisa didapatkan. Kehidupan super mewah pun seakan menjadi suatu keharusan yang dilakukan oleh seorang selebritis. Terlebih lagi bagi para selebritis yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat. Di Indonesia saja misalnya, kini banyak para selebritis yang pamer akan kehidupan mewahnya. Seakan tidak mau kalah dengan para pesohor kelas atas dunia. Selebritis dalam negeri kini mulai mampu memiliki dan memamerkan mobil mewahnya sebagai kendaraan pribadinya. Mobil mewah memang menjadi simbol suatu kesuksesan dan ketenaran. Dan karena itulah tak sedikit para selebritis Indonesia yang memiliki banyak koleksi mobil mewah di dalam bagasi rumahnya. Dengan penghasilan super besar dari pekerjaannya sebagaisebagai publik figur mobil mewah jenis apapun bisa di dapat dengan mudah oleh para selebritis ini.  Untuk itu sebagai hibura

Lima Super Model Paling Seksi di Dunia

Pada dasarnya semua perempuan telah di anugrahi kecantikan sebagai kelebihan yang dimilikinya. Dengan kecantikan yang dimiliki tersebut, perempuan dapat menjelma menjadi seorang yang di puja bahkan di kagumi banyak orang, tak hanya kaum lelaki saja namun sesama kaum perempuan pun tak luput dari rasa kagumnya. Salah satu profesi yang selalu digemari oleh kaum perempuan adalah dunia modeling. Dengan gaya serta postur tubuh yang indah seorang perempuan, dunia modeling menjadi sebuah wadah yang sangat sempurna untuk memamerkan dan membuat nama perempuan tersebut dikenal dan dikenang banyak orang. Seperti yang dilakukan oleh wanita-wanita berikut ini, tak hanya sekedar cantik mereka pun sangatlah seksi dan menawan. Mereka memiliki aura bintang yang hanya dimiliki segelintir perempuan saja. Tak heran jika mereka mendapat gelar predikat sebagai super model yang begitu di kagumi. Buktinya disaat mereka sudah tidak aktif lagi di dunia modeling yang telah membesarkan namanya, pesona dan kecantik