Langsung ke konten utama

Inilah 5 Tata Surya Terbesar Selain Matahari

Tata surya memang sangat besar, berbagai hal bisa ditemukan diluar angkasa entah itu bintang-bintang ataupun planet yang belum pernah ditemukan/dilihat. beberapa orang yang senang astronomi mulai melakukan perjalanan ke luar angkasa untuk meneliti/mencari beberapa planet selain ditata surya.

Beberapa peneliti mulai melakukan pencarian ditata surya entah mencari planet yang mungkin bisa ditinggali atau bintang-bintang yang lebih besar mengingat bintang-bintang dan planet di tata surya masih banyak dan tidak terjangkau. beberapa bintang ditata surya mungkin ada yang lebih besar dari matahari namun mungkin juga ada yang lebih besar dari yang lainnya. 


Seperti halnya 5 bintang terbesar ditata surya selain matahari ini, bintang-bintang ini terletak begitu jauh dari matahari dan juga sangat besar ukurannya. kita tidak membedakan ukuran mars dan bumi namun yang jelas ukuran bintang ini lebih besar dari itu. Berikut ini ulasan 5 bintang terbesar selain matahari :


Inilah 5 Tata Surya Terbesar Selain Matahari


5 Tata Surya Terbesar Selain Matahari

1. Pistol Star


5 Tata Surya Terbesar Selain Matahari

Bintang besar pertama adalah Pistol Star yang pertama kali ditemukan tahun 1991 lewat teleskop Hubble. Diketahui jarak antara kita dan bintang ini adalah 25 ribu tahun cahaya. Nah, seberapa besar sih Pistol ini jika dibandingkan dengan Matahari? Para peneliti pernah menghitung jika bintang Pistol ini 80 sampai 150 kali lebih besar dari pada Matahari.

tentu saja ini adalah ukuran yang tak main-main. Jika dikomparasikan dengan benda-benda di sekitar, Matahari mungkin sebesar kelereng kecil sedangkan pistol mencapai sebesar bola basket atau lebih besar. Karena ukurannya yang besar ini, dikatakan jika Pistol Star mampu mengimbangi pancaran energi Matahari selama setahun dalam 20 detik saja. Benar-benar gila, bukan?

2. Mu Cephei


5 Tata Surya Terbesar Selain Matahari

Terletak di konstelasi Cepheus, ada sebuah bintang berwarna merah darah dengan ukuran yang besar sekali bernama Mu Chepei. Seberapa besar sih bintang satu ini? Cukup besar sehingga kita bisa menyaksikannya dengan mata telanjang di malam hari.

Kalau dihitung secara matematis, ukuran Mu Chepei sedikit lebih besar dari diameter orbit Jupiter ke Matahari. Dikatakan pula jika Mu Chepei punya cahaya yang luar biasa terang. Untuk bisa mengimbanginya, setidaknya dibutuhkan 100 ribuan Matahari. Penemu Mu Chepei sendiri adalah peneliti kenamaan asal Jerman bernama William Herschel. Bintang ini masih terus dipantau hingga saat ini. Belakangan, cahaya Mu Chepei makin terlihat redup sehingga peneliti pun berkesimpulan jika bintang satu ini sebentar lagi akan mati.

3. VV Cephei A


5 Tata Surya Terbesar Selain Matahari

Sama seperti Mu Cephei, bintang satu ini terletak di konstelasi Cepheus. Jika dihitung dari jaraknya, VV Cephei A terpaut 5 ribu tahun cahaya dari Bumi. Satu lagi persamaan bintang ini dengan Mu Chepei adalah cahayanya yang kemerahan. VV Cephei pernah jadi bintang yang paling besar di alam semesta yang pernah ditemukan oleh manusia.

Meskipun sangat besar namun sebenarnya ukuran VV Cephei tidak bisa ditentukan secara pasti. Ada berbagai faktor yang menyebabkan hal tersebut. Misalnya bentuknya yang tidak bulat sempurna, cahaya yang tidak stabil, parameter orbital, dan masih banyak yang lain. Meskipun demikian, bisa kok dibandingkan secara kasar dengan Matahari. Jika kedua bintang ini disejajarkan, maka seperti seperti sebuah batu akik dibandingkan dengan roda truk besar.

4. VY Canis Majoris


5 Tata Surya Terbesar Selain Matahari

Melihat penampakan VY Canis Majoris akan membuat kita terkagum-kagum dan mulai menanyakan akan batasan dari ukuran yang bisa dihitung manusia. Jika dibandingkan dengan Matahari, maka bintang satu ini terlampau besar. Butuh 2 ribu kali lipat Matahari untuk menyamai VY Canis Majoris dalam hal ukuran.

Biar mempermudah soal ukuran bintang raksasa satu ini, bayangkan lingkaran orbit Saturnus ke Matahari. Nah, sebesar itulah Canis Majoris yang bisa disimpulkan oleh para peneliti. Berbekal ukuran yang sebesar ini maka bintang raksasa tersebut sukses mendapatkan gelar yang paling besar di alam semesta. Setidaknya yang bisa diketahui oleh manusia. Meskipun sangat besar, bintang ini termasuk tetangga dekat walaupun ukuran dekat di dimensi luar angkasa sangat berbeda. Jika dihitung dari Bumi, jarak VY Canis Majoris hanya sekitar 5 ribu tahun cahaya.

5. R136A1


5 Tata Surya Terbesar Selain Matahari

Pada tahun 2010 lalu, sekelompok astronom asal Inggris berhasil menemukan sebuah bintang besar di Tarantula Nebula sejauh 165 ribu tahun cahaya dari Bumi. Bintang satu ini bernama R136a1. Bintang ini dikatakan sebagai salah satu yang paling besar di alam semesta, meskipun ukurannya cukup susah dikalkulasikan.

Namun jika dibandingkan dengan Matahari, maka R136a1 nampak seperti piring berbanding bulir nasi. Tak cuma ukuran, energi yang dipancarkan juga sangat ekstrem. Diketahui R136a1 lebih terang sekitar 10 juta kali dari Matahari kita dan menjadikannya sebagai yang paling terang di Tarantula Nebula. Dipercaya jika R136a1 ini juga sangat panas. Di permukaannya saja diperkirakan suhu sudah mencapai 40 ribu celcius. Mungkin Bumi akan langsung hangus jika mengorbit bintang satu ini.

Postingan populer dari blog ini

Bahan Alami Untuk Merawat Wajah Pria

Jaman dahulu, tidak pernah ada pendapat bahwa pria awam melakukan perawatan keindahan tubuh. Semua perawatan kulit maupun rambut dianggap merupakan hal yang feminim sehingga tak sesuai dengan hakikat pria.  Seiring berjalannya waktu, paradigma tersebut pun mulai tergerus. Seorang pria tidak hanya terbatas bekerja sebagai insinyur atau dokter saja, tetapi juga bisa berkarya di dunia glamor seperti fesyen dan kecantikan. Meskipun tidak nyemplung ke dalam bidang tersebut secara langsung, sudah sewajarnya pria memerhatikan penampilan demi mendapatkan kesan yang baik bagi dirinya ataupun lawan jenis. Alasannya, karena tidak semua pria dianugerahi dengan kulit yang cerah dan sehat. Pria juga seharusnya membiasakan diri melakukan rutinitas untuk menjaga keindahan tubuh. Hal itu bisa dilakukan dengan cara melakukan perawatan wajah seperti menggunakan masker atau bahan alami yang manfaatnya sangat besar. dilansir dari laman Boldsky, berikut ini adalah bahan alami bagi pria yang ingin tampil ber

Deretan Selebritis Top Indonesia Dengan Mobil Mewahnya

AnakRegular | Mobil mewah dan kehidupan Galmor adalah ciri dari seorang selebritis. Sebagai seorang selebritis yang hidup dalam ketenaran dan kemapanan semua yang diinginkan bisa didapatkan. Kehidupan super mewah pun seakan menjadi suatu keharusan yang dilakukan oleh seorang selebritis. Terlebih lagi bagi para selebritis yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat. Di Indonesia saja misalnya, kini banyak para selebritis yang pamer akan kehidupan mewahnya. Seakan tidak mau kalah dengan para pesohor kelas atas dunia. Selebritis dalam negeri kini mulai mampu memiliki dan memamerkan mobil mewahnya sebagai kendaraan pribadinya. Mobil mewah memang menjadi simbol suatu kesuksesan dan ketenaran. Dan karena itulah tak sedikit para selebritis Indonesia yang memiliki banyak koleksi mobil mewah di dalam bagasi rumahnya. Dengan penghasilan super besar dari pekerjaannya sebagaisebagai publik figur mobil mewah jenis apapun bisa di dapat dengan mudah oleh para selebritis ini.  Untuk itu sebagai hibura

Lima Super Model Paling Seksi di Dunia

Pada dasarnya semua perempuan telah di anugrahi kecantikan sebagai kelebihan yang dimilikinya. Dengan kecantikan yang dimiliki tersebut, perempuan dapat menjelma menjadi seorang yang di puja bahkan di kagumi banyak orang, tak hanya kaum lelaki saja namun sesama kaum perempuan pun tak luput dari rasa kagumnya. Salah satu profesi yang selalu digemari oleh kaum perempuan adalah dunia modeling. Dengan gaya serta postur tubuh yang indah seorang perempuan, dunia modeling menjadi sebuah wadah yang sangat sempurna untuk memamerkan dan membuat nama perempuan tersebut dikenal dan dikenang banyak orang. Seperti yang dilakukan oleh wanita-wanita berikut ini, tak hanya sekedar cantik mereka pun sangatlah seksi dan menawan. Mereka memiliki aura bintang yang hanya dimiliki segelintir perempuan saja. Tak heran jika mereka mendapat gelar predikat sebagai super model yang begitu di kagumi. Buktinya disaat mereka sudah tidak aktif lagi di dunia modeling yang telah membesarkan namanya, pesona dan kecantik