Langsung ke konten utama

Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja Di Depan Komputer Seharian

AnakRegular | Mata adalah organ tubuh yang sangat vital adanya, mata yang sehat akan memberikan hasil yang memuaskan bagi penggunanya.

Saat ini kebutuhan akan komputer atau laptop memang tak terbantahkan lagi. Komputer seakan menjadi teman dalam kehidupan kita. Pelajar dan pekerja tak pernah lepas dari benda elektronik ini. Belajar atau bekerja di depan komputer seharian rentan membuat mata lelah.
Menjaga Kesehatan Mata Saat Bekerja Di Depan Komputer Seharian
Mata yang lelah akan membuat pekerjaan pun tertunda
Untuk itu para pakar mengatakan pentingnya menjaga kesehatan dan mengatasi mata lelah yang disebabkan bekerja di depan komputer yang terlalu lama. Untuk itu setiap beberapa saat adakalanya mata kita harus diistirahatkan, jangan terlalu dipaksakan untuk bekerja. Karena jika dipaksakan takutnya mata akan tidak sehat dan penglihatan mulai terganggu.

Mengutip dari perkataan dr Syumarti, SpM(K), MSc, CEH, Kabid Pelayanan Medis RS Mata Cicendo Bandung yang mengatakan "biasanya banyak orang yang bekerja menggunakan komputer selalu bermasalah dengan matanya, para pekerja kerak memakai komputer untuk bekerja dengan jarak yang dekat". Semakin dekat dan semakin sering menggunakan komputer, mata akan bekerja lebih keras dan menyebabkan lebih mudah lelah.

Baca juga :
  1. 5 Antibiotik Alami Untuk Tingkatkan Daya Tahan Tubuh
  2. Cara Melakukan Olahraga Pagi Dengan Benar

Menggunakan komputer atau laptop dengan jarak dekat apalagi kalau kontras nya tidak diatur akan menyebabkan mata cepat lelah dan perih. Mata yang lelah tidak seperti lelah yang dialami oleh organ tubuh lainnya.

dr Syumarti lebih lanjut mengatakan ada dua cara untuk mengistirahatkan mata yang lelah. Cara paling mudah adalah dengan memejamkan mata selama 15 menit. Memejamkan mata bertujuan untuk mengurangi ketegangan yang terjadi di mata karena terus menerus melihat komputer.

Yang kedua adalah melihat benda atau objek yang jaraknya jauh, kurang lebih 6 meter selama 10-15 menit. Selain mengurangi ketegangan yang terjadi di mata, melihat benda yang jauh juga mengembalikan fokus mata kembali normal karena sebelumnya terlalu fokus ke layar komputer.

Pijat ringan pada kelopak mata juga merupakan teknik lain yang memberi manfaat besar. Perlu diingat, pastikan tangan Anda bersih. Kemudian tutup mata dan gunakan ujung jari Anda untuk memijat permukaan kelopak mata dengan lembut dan gerakan melingkar. Lakukan selama 1-2 menit hingga terasa lebih rileks.

Perlu diingat untuk melakukan latihan ini secara perlahan dan tidak mengerahkan banyak tekanan, sebab ini justru merusak mata Anda.

Selain menutup mata dan membiarkan mata istirahat sejenak, cara lain seperti menggunakan tetes mata lubrikan (artificial tears) yang sekarang banyak dijual di pasaran juga dapat membantu memberikan efek rileks.

Sayangi mata Anda jangan terlalu memaksakan untuk bekerja terus menerus, dan jika pun harus menggunakan komputer seharian ada bagusnya setiap satu jam sekali meluaangkan waktu sebentar untuk mengistirahatkan mata, agar mata tetap sehat dan bisa berguna dengan baik setiap saat.

Selamat mencoba, dan salam sehat dari AnakRegular : 

Postingan populer dari blog ini

Bahan Alami Untuk Merawat Wajah Pria

Jaman dahulu, tidak pernah ada pendapat bahwa pria awam melakukan perawatan keindahan tubuh. Semua perawatan kulit maupun rambut dianggap merupakan hal yang feminim sehingga tak sesuai dengan hakikat pria.  Seiring berjalannya waktu, paradigma tersebut pun mulai tergerus. Seorang pria tidak hanya terbatas bekerja sebagai insinyur atau dokter saja, tetapi juga bisa berkarya di dunia glamor seperti fesyen dan kecantikan. Meskipun tidak nyemplung ke dalam bidang tersebut secara langsung, sudah sewajarnya pria memerhatikan penampilan demi mendapatkan kesan yang baik bagi dirinya ataupun lawan jenis. Alasannya, karena tidak semua pria dianugerahi dengan kulit yang cerah dan sehat. Pria juga seharusnya membiasakan diri melakukan rutinitas untuk menjaga keindahan tubuh. Hal itu bisa dilakukan dengan cara melakukan perawatan wajah seperti menggunakan masker atau bahan alami yang manfaatnya sangat besar. dilansir dari laman Boldsky, berikut ini adalah bahan alami bagi pria yang ingin tampil ber

Deretan Selebritis Top Indonesia Dengan Mobil Mewahnya

AnakRegular | Mobil mewah dan kehidupan Galmor adalah ciri dari seorang selebritis. Sebagai seorang selebritis yang hidup dalam ketenaran dan kemapanan semua yang diinginkan bisa didapatkan. Kehidupan super mewah pun seakan menjadi suatu keharusan yang dilakukan oleh seorang selebritis. Terlebih lagi bagi para selebritis yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat. Di Indonesia saja misalnya, kini banyak para selebritis yang pamer akan kehidupan mewahnya. Seakan tidak mau kalah dengan para pesohor kelas atas dunia. Selebritis dalam negeri kini mulai mampu memiliki dan memamerkan mobil mewahnya sebagai kendaraan pribadinya. Mobil mewah memang menjadi simbol suatu kesuksesan dan ketenaran. Dan karena itulah tak sedikit para selebritis Indonesia yang memiliki banyak koleksi mobil mewah di dalam bagasi rumahnya. Dengan penghasilan super besar dari pekerjaannya sebagaisebagai publik figur mobil mewah jenis apapun bisa di dapat dengan mudah oleh para selebritis ini.  Untuk itu sebagai hibura

Lima Super Model Paling Seksi di Dunia

Pada dasarnya semua perempuan telah di anugrahi kecantikan sebagai kelebihan yang dimilikinya. Dengan kecantikan yang dimiliki tersebut, perempuan dapat menjelma menjadi seorang yang di puja bahkan di kagumi banyak orang, tak hanya kaum lelaki saja namun sesama kaum perempuan pun tak luput dari rasa kagumnya. Salah satu profesi yang selalu digemari oleh kaum perempuan adalah dunia modeling. Dengan gaya serta postur tubuh yang indah seorang perempuan, dunia modeling menjadi sebuah wadah yang sangat sempurna untuk memamerkan dan membuat nama perempuan tersebut dikenal dan dikenang banyak orang. Seperti yang dilakukan oleh wanita-wanita berikut ini, tak hanya sekedar cantik mereka pun sangatlah seksi dan menawan. Mereka memiliki aura bintang yang hanya dimiliki segelintir perempuan saja. Tak heran jika mereka mendapat gelar predikat sebagai super model yang begitu di kagumi. Buktinya disaat mereka sudah tidak aktif lagi di dunia modeling yang telah membesarkan namanya, pesona dan kecantik