Langsung ke konten utama

6 Hal Unik Tentang Datang Bulan Jarang Diketahui Wanita

AnakRegular | Seorang wanita normal akan selalu mengalami menstruasi setiap bulannya.

6 Hal Unik Tentang Datang Bulan Jarang Diketahui Wanita

Salah satu yang membedakan perempuan dan laki-laki adalah, setiap perempuan yang sudah dewasa selalu mengalami haid (datang bulang) sedangkan laki-laki tidak. Nah soal urusan datang bulan atau haid banyak yang mengatakan kalau haid itu tandanya perempuan akan mudah dalam mendapatkan keturunan.

Namun ada juga yang mengatakan kalau sedang datang bulan emosi perempuan kadang selalu tinggi. Hal itu selalu dirasakan oleh setiap pria, makanya setiap pria jika bertemu dengan perempuan yang sedang datang bulan terkadang suka takut sendiri. Perempuan yang sedang haid suka marah-marah tanpa adanya alasan yang jelas.

Memang banyak hal yang terjadi pada wanita yang sedang haid. Namun tak sedikit juga para wanita yang sedang haid menyadari hal-hal berikut ini, mereka malah cuek seolah tak terjadi apa-apa. Padahal selama periode haid banyak hal yang terjadi pada wanita, seperti menurunnya kemampuan kognitif dan perubahan suara.

Baca Juga :

Berikut adalah 6 hal unik yang terjadi pada wanita yang sedang datang bulan :

1. Menurunkan kemampuan kognitif

Rasa sakit di perut dan punggung, serta efek mual yang kerap kali muncul selama periode haid benar-benar dapat mempengaruhi bagaimana seorang wanita berpikir, sehingga beberapa peneliti menganggap periode ini mengurangi kemampuan kognitif wanita.

Selain itu, menurut sebuah studi di tahun 2014 yang dipublikasikan dalam jurnal Pain rasa kram haid yang sering dialami oleh sebagian wanita juga dapat mengganggu rentang perhatian dan mengurangi konsentrasi wanita terhadap sesuatu hal.

2. Perubahan Suara Saat Sedang Datang Bulan

Perubahan hormonal yang berhubungan dengan siklus menstruasi wanita juga dapat memengaruhi suaranya. Sel-sel yang terdapat pada bagian laring dan vagin* diyakini memiliki kemiripan dan menunjukkan penerimaan reseptor hormon yang serupa.

Sebuah studi tahun 2011 yang diterbitkan dalam jurnal Ethology menemukan pria dapat mendeteksi apakah seorang wanita sedang haid atau tidak, hanya dengan mendeteksi dari suaranya saja.

3. Haid Membuat pria kurang tertarik

Pria tidak hanya pendengar yang baik ketika harus membedakan apakah seorang wanita tengah haid atau tidak, namun mereka rupanya juga memiliki indra penciuman yang tajam.

Penelitian telah menunjukkan bahwa kadar testosteron pria dipengaruhi oleh aroma wanita, terutama ketika wanita sedang berovulasi. Sebuah studi tahun 2010 yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Science menemukan kadar testosteron pria meningkat secara signifikan ketika mereka mencium pakaian wanita yang sedang haid.

4. Bercinta saat haid bisa berisiko

Pasangan suami istri yang kerap kali berhubungan intim saat masa menstruasi benar adanya dapat berdampak pada nyeri perut dan endometriosis bagi si wanita. Alasannya, bukan tidak mungkin berhubungan intim saat menstruasi dapat mengakibatkan darah menstruasi masuk kembali ke dalam rahim. Seperti dipaparkan oleh dr Ardiansjah Dara, SpOG, darah menstruasi yang seharusnya mengalir keluar tubuh menjadi masuk kembali akibat adanya dorongan saat berhubungan intim.

"Kalau darah mens yang harusnya keluar dari rahim malah didorong masuk lagi, nantinya darah menggumpal di rahim. Hal itu bisa menyebabkan endometriosis," ujar dr Dara.

5. Tetap berpeluang hamil Saat Sedang Haid

Sering dikira bahwa bercinta saat sedang haid dapat menurunkan risiko seorang wanita untuk hamil. Nyatanya tidak demikian, wanita yang tetap nekat melakukan hubungan intim selagi dalam periode haid pun faktanya masih berpeluang untuk hamil. 

Sebagian wanita diketahui memiliki jangka waktu yang tumpang tindih antara jadwal haid dengan awal ovulasi (masa subur). Hal ini berarti seseorang bisa berada pada masa subur meski sedang haid. Katakanlah jika seseorang memiliki siklus pendek seperti 21 hari dan haid berlangsung seminggu. Untuk itu jika seseorang berhubungan seks mendekati akhir menstruasi maka ada kemungkinan ia bisa hamil, karena sperma dapat hidup hingga 72 jam di dalam saluran reproduksi..

6. Haid Mengeluarkan Secangkir Darah

Biasanya dua hari pertama dari periode haid merupakan hari-hari yang paling 'berat' dalam hal keluarnya darah. Menurut NYU School of Medicine, jumlah rata-rata darah yang keluar setiap rentang periode haid adalah mulai dari beberapa sendok hingga satu cangkir banyaknya.

Postingan populer dari blog ini

Bahan Alami Untuk Merawat Wajah Pria

Jaman dahulu, tidak pernah ada pendapat bahwa pria awam melakukan perawatan keindahan tubuh. Semua perawatan kulit maupun rambut dianggap merupakan hal yang feminim sehingga tak sesuai dengan hakikat pria.  Seiring berjalannya waktu, paradigma tersebut pun mulai tergerus. Seorang pria tidak hanya terbatas bekerja sebagai insinyur atau dokter saja, tetapi juga bisa berkarya di dunia glamor seperti fesyen dan kecantikan. Meskipun tidak nyemplung ke dalam bidang tersebut secara langsung, sudah sewajarnya pria memerhatikan penampilan demi mendapatkan kesan yang baik bagi dirinya ataupun lawan jenis. Alasannya, karena tidak semua pria dianugerahi dengan kulit yang cerah dan sehat. Pria juga seharusnya membiasakan diri melakukan rutinitas untuk menjaga keindahan tubuh. Hal itu bisa dilakukan dengan cara melakukan perawatan wajah seperti menggunakan masker atau bahan alami yang manfaatnya sangat besar. dilansir dari laman Boldsky, berikut ini adalah bahan alami bagi pria yang ingin tampil ber

Deretan Selebritis Top Indonesia Dengan Mobil Mewahnya

AnakRegular | Mobil mewah dan kehidupan Galmor adalah ciri dari seorang selebritis. Sebagai seorang selebritis yang hidup dalam ketenaran dan kemapanan semua yang diinginkan bisa didapatkan. Kehidupan super mewah pun seakan menjadi suatu keharusan yang dilakukan oleh seorang selebritis. Terlebih lagi bagi para selebritis yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat. Di Indonesia saja misalnya, kini banyak para selebritis yang pamer akan kehidupan mewahnya. Seakan tidak mau kalah dengan para pesohor kelas atas dunia. Selebritis dalam negeri kini mulai mampu memiliki dan memamerkan mobil mewahnya sebagai kendaraan pribadinya. Mobil mewah memang menjadi simbol suatu kesuksesan dan ketenaran. Dan karena itulah tak sedikit para selebritis Indonesia yang memiliki banyak koleksi mobil mewah di dalam bagasi rumahnya. Dengan penghasilan super besar dari pekerjaannya sebagaisebagai publik figur mobil mewah jenis apapun bisa di dapat dengan mudah oleh para selebritis ini.  Untuk itu sebagai hibura

Lima Super Model Paling Seksi di Dunia

Pada dasarnya semua perempuan telah di anugrahi kecantikan sebagai kelebihan yang dimilikinya. Dengan kecantikan yang dimiliki tersebut, perempuan dapat menjelma menjadi seorang yang di puja bahkan di kagumi banyak orang, tak hanya kaum lelaki saja namun sesama kaum perempuan pun tak luput dari rasa kagumnya. Salah satu profesi yang selalu digemari oleh kaum perempuan adalah dunia modeling. Dengan gaya serta postur tubuh yang indah seorang perempuan, dunia modeling menjadi sebuah wadah yang sangat sempurna untuk memamerkan dan membuat nama perempuan tersebut dikenal dan dikenang banyak orang. Seperti yang dilakukan oleh wanita-wanita berikut ini, tak hanya sekedar cantik mereka pun sangatlah seksi dan menawan. Mereka memiliki aura bintang yang hanya dimiliki segelintir perempuan saja. Tak heran jika mereka mendapat gelar predikat sebagai super model yang begitu di kagumi. Buktinya disaat mereka sudah tidak aktif lagi di dunia modeling yang telah membesarkan namanya, pesona dan kecantik