Langsung ke konten utama

Kondisi-Kondisi Yang Menyebabkan Perceraian

Menjalani sebuah rumah tangga memang selalu memiliki halangan/hambatan yang membuat hubungan perkawinan tersebut berujung pada perceraian, sulitnya mengetahui hubungan perkawinan tersebut menyebabkan sebagian orang terleha-leha namun ada pula yang menyadari akan kondisi dari pasangan tersebut.  bagi sebagian orang perceraian dapat berakibat buruk bagi kondisi perekonomian keluarga karena tidak jarang ibu rumah tangga ada yang melakukan pekerjaan untuk menambah perekonomian untuk dirumah namun hal yang paling penting adalah masa depan anak-anak karena jika perceraian benar-benar terjadi akan berdampak pada anak yang akan bertindak diluar batas dan tentunya membuat sebagian orang merasa jengkel atas tingkah laku sang anak.


Kondisi-Kondisi Yang Menyebabkan Perceraian

Namun dalam pernikahan sering dilakukan hal-hal yang dapat mengurangi penyebab perceraian tersebut misalnya saja 'mengajak berdiskusi bagaimana masa depan keluarga' dan lainnya karena dalam rumah tangga komunikasi itu sangat penting agar tidak terjadi kesalah pahaman akan pekerjaan atau waktu yang anda habiskan diluar rumah, akan tetapi ada banyak cara yang bisa anda lakukan agar pernikahan anda tidak berujung perceraian. nah, berikut ini adalah kondisi-kondisi yang dapat menyebabkan hubungan rumah tangga anda berakhir dengan perceraian :

Kondisi-Kondisi Yang Menyebabkan Perceraian

1. Penyakit

Ketika pasangan mengidap kondisi kesehatan yang serius atau kronis, kondisi ini mampu mengubah dinamika pernikahan. Studi terbaru yang digelar para peneliti dari Iowa State University pun mengungkapkan bahwa angka perceraian enam persen lebih tinggi bila sang istri menderita penyakit seperti kanker, serangan jantung, atau paru-paru. Namun, angka perceraian tak meningkat ketika suami mengidap penyakit serius.   
"Terkadang sulit bagi pria untuk menjalankan peran sang istri. Namun, menurut saya tergantung pembagian peran dalam pernikahan sejak awal. Jika suami juga ikut menjalankan tugas domestik, maka penyesuaiannya akan lebih mudah," sebut Elizabeth Ochoa, PhD, konsultan pernikahan dan chief psychologist di Beth Israel Medical Center, New York.  
2. Perubahan Pekerjaan

Pada tahun 2011, studi yang dilakukan para ahli dari Ohio State University menemukan bahwa pria yang tidak bekerja (menganggur), cenderung meninggalkan istri mereka dan ditinggalkan oleh sang istri. Kehilangan pekerjaan pun dapat memicu stres akibat masalah keuangan, keamanan, dan tanggung jawab yang mempengaruhi ketidakpuasan dalam pernikahan. 

Menurut Ochoa, apapun yang mendistraksi terkait masalah finansial atau pekerjaan pasti berpengaruh pada pernikahan. "Jika Anda berhenti memprioritaskan pernikahan dan membiarkannya berada di urutan kedua setelah pekerjaan, pasangan akan merasa terisolasi dan marah," tutur Ochoa. 

3. Kelahiran Anak

Sebuah studi yang dipublikasikan pada Journal of Family Psychology menyebut 67 persen pasangan mengalami penurunan kepuasan dalam pernikahan pada tiga tahun pertama kelahiran anak. "Memiliki anak adalah stres tersendiri dalam hidup dan dapat memicu permasalahan dalam pernikahan," kata Ochoa. 

Namun, masalah dapat diminimalisir jika masing-masing mampu meredam ego dan saling berkomunikasi secara terbuka. "Seseorang yang sudah merasa cemas atau depresi akan merasa lebih sulit menyesuaikan diri ketika anak lahir, karena akan mempengaruhi kemampuan mereka dalam merawat anak dan bergelut dengan perubahan dalam hubungan," ungkap Ochoa. 

4. Tinggal Terpisah

Studi yang dilakukan RAND Corporation pada tahun 2013 terhadap keluarga anggota militer, menemukan bahwa risiko perceraian pada prajurit militer AS terjadi karena lamanya mereka bertugas jauh dari keluarga. Pasangan yang tinggal terpisah secara temporer karena pekerjaan atau alasan lain kemungkinan akan menemukan masalah dalam pernikahan.

"Setiap orang memiliki tingkat kenyamanan yang berbeda ketika dekat atau jauh dengan pasangannya. Jika kedua belah pihak merasa nyaman saat tinggal terpisah, maka takkan ada masalah. Namun, jika ada ketidaksamaan, misalnya tentang ketakutan, kepercayaan, atau kesetiaan, maka akan memicu masalah," papar Ochoa. 

5. Trauma

Pasangan yang sama-sama mengalami trauma selain sangat terikat satu sama lain, namun juga bisa membuat mereka saling menjauh. "Untuk pulih dari trauma, terkadang orang harus meninggalkan pengalaman atau apapun yang mengingatkan mereka pada kejadian menyakitkan itu," ujar Ochoa. 

Ia menjelaskan, munculnya kembali ingatan akan trauma ini juga bisa dipicu dengan kehadiran orang lain, yang mungkin sama-sama mengalami trauma itu. "Bahkan bersama orang itu pun rasanya menyakitkan," imbuh Ochoa. 

6. Adanya Orang Ketiga

Dalam rumah tangga orang ketiga selalu menghantui dan dapat menyebabkan pemicu perceraian, sulitnya mengontrol prilaku dan sikap dapat membuat suami berpaling atau didekati oleh orang ketiga dimana orang ketiga tersebut dapat memperburuk keadaan rumah tangga anda. 

Postingan populer dari blog ini

Bahan Alami Untuk Merawat Wajah Pria

Jaman dahulu, tidak pernah ada pendapat bahwa pria awam melakukan perawatan keindahan tubuh. Semua perawatan kulit maupun rambut dianggap merupakan hal yang feminim sehingga tak sesuai dengan hakikat pria.  Seiring berjalannya waktu, paradigma tersebut pun mulai tergerus. Seorang pria tidak hanya terbatas bekerja sebagai insinyur atau dokter saja, tetapi juga bisa berkarya di dunia glamor seperti fesyen dan kecantikan. Meskipun tidak nyemplung ke dalam bidang tersebut secara langsung, sudah sewajarnya pria memerhatikan penampilan demi mendapatkan kesan yang baik bagi dirinya ataupun lawan jenis. Alasannya, karena tidak semua pria dianugerahi dengan kulit yang cerah dan sehat. Pria juga seharusnya membiasakan diri melakukan rutinitas untuk menjaga keindahan tubuh. Hal itu bisa dilakukan dengan cara melakukan perawatan wajah seperti menggunakan masker atau bahan alami yang manfaatnya sangat besar. dilansir dari laman Boldsky, berikut ini adalah bahan alami bagi pria yang ingin tampil ber

Deretan Selebritis Top Indonesia Dengan Mobil Mewahnya

AnakRegular | Mobil mewah dan kehidupan Galmor adalah ciri dari seorang selebritis. Sebagai seorang selebritis yang hidup dalam ketenaran dan kemapanan semua yang diinginkan bisa didapatkan. Kehidupan super mewah pun seakan menjadi suatu keharusan yang dilakukan oleh seorang selebritis. Terlebih lagi bagi para selebritis yang mempunyai pengaruh besar di masyarakat. Di Indonesia saja misalnya, kini banyak para selebritis yang pamer akan kehidupan mewahnya. Seakan tidak mau kalah dengan para pesohor kelas atas dunia. Selebritis dalam negeri kini mulai mampu memiliki dan memamerkan mobil mewahnya sebagai kendaraan pribadinya. Mobil mewah memang menjadi simbol suatu kesuksesan dan ketenaran. Dan karena itulah tak sedikit para selebritis Indonesia yang memiliki banyak koleksi mobil mewah di dalam bagasi rumahnya. Dengan penghasilan super besar dari pekerjaannya sebagaisebagai publik figur mobil mewah jenis apapun bisa di dapat dengan mudah oleh para selebritis ini.  Untuk itu sebagai hibura

Lima Super Model Paling Seksi di Dunia

Pada dasarnya semua perempuan telah di anugrahi kecantikan sebagai kelebihan yang dimilikinya. Dengan kecantikan yang dimiliki tersebut, perempuan dapat menjelma menjadi seorang yang di puja bahkan di kagumi banyak orang, tak hanya kaum lelaki saja namun sesama kaum perempuan pun tak luput dari rasa kagumnya. Salah satu profesi yang selalu digemari oleh kaum perempuan adalah dunia modeling. Dengan gaya serta postur tubuh yang indah seorang perempuan, dunia modeling menjadi sebuah wadah yang sangat sempurna untuk memamerkan dan membuat nama perempuan tersebut dikenal dan dikenang banyak orang. Seperti yang dilakukan oleh wanita-wanita berikut ini, tak hanya sekedar cantik mereka pun sangatlah seksi dan menawan. Mereka memiliki aura bintang yang hanya dimiliki segelintir perempuan saja. Tak heran jika mereka mendapat gelar predikat sebagai super model yang begitu di kagumi. Buktinya disaat mereka sudah tidak aktif lagi di dunia modeling yang telah membesarkan namanya, pesona dan kecantik